Ho Chi Minh dan Mui Ne 4 Hari Cuma Modal 4 Jutaan

Buat kalian yang lagi ingin jalan-jalan tapi bingung kemana, mungkin kalian bisa pertimbangkan jalan-jalan ke Vietnam, terutama Ho Chi Minh dan Mui Ne. Perjalanan ke 2 kota ini dijamin bisa memberi kesegaran baru dalam bucket list perjalanan kamu. Ini karena kamu bisa menggabungkan perjalanan penuh sejarah dan museum di Ho Chi Minh dengan perjalanan pantai dan gurun di Mui Ne.

Sekilas tentang Ho Chi Minh, Mui Ne, dan Vietnam

Satu hal yang menarik untuk kamu ketahui adalah Vietnam itu sangat murah. Harga barang-barang dan makanan di Vietnam rata-rata hanya setengah harga di Jakarta. Waktu makan siang di Ho Chi Minh misalnya, saya memesan 1 paket lunch Sushi yang saaangaaat besar menurut saya. Dan harganya cuma 160 ribu Dong, atau sekitar 80-90 ribu saja jika dirupiahkan.

20190715_113757
Paket Lunch Sushi dengan harga cuma sekitar 80-90 ribu rupiah

Ho Chi Minh sendiri wisatanya kebanyakan adalah museum-museum, akan sangat menarik jika kamu adalah pecinta sejarah. Sayangnya saya tidak terlalu menyukai sejarah, jadi saya tidak terlalu banyak habiskan waktu di Ho Chi Minh. Saya lebih memfokuskan diri untuk menjelajah Mui Ne.

Untuk transportasi di Ho Chi Minh, gunakan grab. Jangan coba-coba sewa motor dan berkendara sendiri. Vietnam itu menggunakan sistem berkendara di kanan, berbeda dengan Indonesia yang berkendara di kiri. Mobil dan motor di Ho Chi Minh juga cenderung melaju cepat sehingga sangat berbahaya jika kamu tidak mahir berkendara.

Pengendara di Vietnam rata-rata hanya menggunakan helm setengah kepala, bukan helm full seperti standar SNI di Indonesia

Berbeda dengan Ho Chi Minh, jalanan di Mui Ne sangat lapang sehingga aman bahkan untuk pengendara yang tidak terlalu ahli. Kamu bisa menyewa motor disini dengan harga 150 ribu Dong per hari (90 ribu rupiah).

Jalan di Mui Ne yang sangat lapang dan sepi pengendara

Mui Ne adalah kota yang terletak 5 jam perjalanan dari Ho Chi Minh. Isinya kebanyakan adalah pantai dan gurun. Dan inilah yang menarik. Untuk kamu yang belum pernah melihat gurun, Mui Ne bisa memberikan kamu sensasi mini gurun yang cukup menarik menurut saya.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Mui Ne, mulai dari bersantai di resort-resort yang harganya terjangkau…

20190717_082139
Suasana Jibe’s Beach Club di Mui Ne, salah satu resort yang bisa kamu kunjungi

…hingga naik ATV di gurun yang luaaaaas sekali.

20190717_140906
ATV ini bisa kamu sewa di White Sand Dunes di Mui Ne, sangat menyenangkan

Itinerary

Oke, sekarang kamu sudah tertarik untuk menjelajah Ho Chi Minh dan Mui Ne, pertanyaanya, apa saja yang harus dikunjungi, berapa hari sebaiknya kamu disana agar bisa menikmati semuanya. Disini akan dijelaskan semua hal yang bisa kamu lakukan selama di Ho Chi Minh dan Mui Ne. Kamu bisa tinggal mengikutinya saja satu per satu.

Hari 1

Hari pertama adalah ketibaan pertama kali ke Ho Chi Minh. Kamu bisa naik Air Asia dari Jakarta. Kamu bisa ambil penerbangan jam 5 pagi lalu transit di Kuala Lumpur dan lanjut ke Ho Chi Minh. Kamu akan tiba di Ho Chi Minh sekitar jam 12 siang.

Saat tiba, kamu tinggal pesan grab ke pusat kota Ho Chi Minh. Nah disini kamu bisa sesuaikan dengan rencana perjalananmu. Kamu bisa sewa hotel dan letakkan barang kamu disitu, atau jika barang bawaanmu tidak banyak, kamu tidak perlu memesan hotel di Ho Chi Minh. Cukup dibawa saja, karena malamnya kamu sudah harus berangkat ke Mui Ne dengan bus.

Nah seperti sudah dijelaskan di atas, Ho Chi Minh itu sendiri dipenuhi dengan museum. Jadi kamu bisa pilih mau ke museum yang mana. Karena saya bukan orang yang suka museum, saya putuskan untuk ke Saigon Zoo and Botanical Garden saja.

Saigon Zoo and Botanical Garden

20190715_124442

Saigon Zoo dan Botanical Garden ini menurut saya cukup terawat, fasilitasnya juga lumayan baik dan sangat luas. Disana bahkan ada taman-taman yang dibentuk menyerupai hewan (rajin sekali kan petugasnya). Kamu juga bisa naik mobil-mobilan sederhana jika malas berjalan kaki.

Ada banyak hewan yang bisa kamu lihat, mulai dari Onta…

20190715_133939

…beruang…

20190715_133556

…atau kupu-kupu.

20190715_131905

Sayangnya, info-info di papan petunjuk hanya ditulis dengan bahasa Vietnam dan tidak ada terjemahan inggrisnya.

20190715_133019

Saigon Sky Deck dan The World of Heineken

Setelah puas di kebun binatanng, kamu bisa mengunjungi Bitexco Tower yang di lantai atasnya terdapat Sky Deck (sebuah tempat dimana kamu bisa memandangi seluruh kota Ho Chi Minh dari lantai 49 atau setinggi 179 meter) dan The World of Heineken (sebuah tempat edukasi tentang sejarah Heineken).

Untuk mengunjungi kedua tempat ini, kamu diharuskan booking terlebih dahulu agar tidak kehabisan tempat. Harganya sekitar 150 ribu di Traveloka untuk keduanya.

Saigon Skydeck

20190715_152051.jpg

Di Saigon Skydeck, kamu bisa melihat keseluruhan kota Ho Chi Minh secara 360 derajat dari ketinggian 179 meter. Kamu bahkan bisa menggunakan teropong-teropong yang disediakan untuk melihat secara lebih detail.

20190715_151824
Dari Saigon Skydeck kamu bisa lihat kota Ho Chi Minh yang hijau di satu sisi, dan dipenuhi pencakar langit di sisi lainnya

The World of Heineken

Konsep The World of Heineken sebenarnya mirip museum dimana pengunjung diajak tour dan dikenalkan dengan sejarah Heineken sebagai salah satu perusahaan bir terbesar di dunia. Bedanya, penyajiannya dilakukan dengan cara yang sangat interaktif dan modern.

20190715_152730

Selain dikenalkan dengan sejarah Heineken, kamu juga akan diajak ke barnya Heineken dan diajari cara menuang bir oleh masternya.

20190715_155628

Dari penjelasannya saya belajar bahwa menuang bir tidak boleh asal-asalan, ada standar yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah bahwa garis bir harus berhenti tepat di garis horizontal bintang Heineken. Dan busa yang dihasilkan juga harus setebal 2 jari dari garis bintang ke bibir gelas.

20190715_155940
Tuangan bir saya. Birnya hampir benar, yakni berada di garis horizontal bintang Heineken. Tapi tebal busanya jauh dari 2 jari. LOL

Setelah selesai tur, kamu juga bisa melakukan “acara bebas” seperti main PS4…

20190715_160537

…sepakbola…

20190715_160750

…dan berbagai permainan lainnya.

20190715_160648

Dan terakhir saat kamu pulang, kamu bisa mengambil bir Heineken yang secara spesial ditulis namamu.

20190715_162009

Ho Chi Minh City Museum of Fine Arts (Museum Seni Rupa Ho Chi Minh)

Ada banyak museum di Ho Chi Minh. Mulai dari museum peperangan hingga museum seni. Karena saya tidak terlalu tertarik dengan museum, saya memutuskan hanya mengunjungi salah satunya, yakni Fine Arts Museum.

Untuk urusan museum, sebenarnya Ho Chi Minh bisa menawarkan berbagai museum yang menurut saya disajikan dengan baik. Dari salah satu museum yang saya datangi saja, saya bisa bilang bahwa museum tersebut dirawat dengan baik. Fasilitasnya juga tidak buruk. Toilet tersedia di setiap sudut (artinya ada setidaknya 4 toilet di tiap lantai).

Salah satu karya yang dipamerkan di museum Fine Arts yang disajikan dengan baik
Hasil karya seni lain di Fine Arts Museum

Perjalanan menuju Mui Ne dari Ho Chi Minh

Setelah puas menjelajah Ho Chi Minh, kamu akan bersiap-siap berangkat ke Mui Ne pada malam harinya. Perjalanan dari Ho Chi Minh ke Mui Ne ditempuh dalam waktu sekitar 5-6 jam dengan bis. Tenang, kamu bisa naik sleeper bus yang sangat nyaman. Jadi walaupun perjalannya lama, kamu bisa tidur di jalan.

Sleeper bus dari Ho Chi Minh ke Mui Ne. Bus 2 tingkat dengan panjang yang lumayan. Tinggi saya 170cm dan kaki saya tidak terlipat sama sekali. Bisa selonjoran.
Di bagian dalam juga terdapat monitor dan colokan usb, jadi kamu bisa mencharge hape selama di perjalanan.

Untuk memesan bus ini, kamu bisa lakukan langsung di loket atau memesan online sebelum keberangkatan di 12go.asia.

Jadwal keberangkatan, dan harga bus dari Ho Chi Minh ke Mui Ne

Harga sleeper bus dari Ho Chi Minh ke Mui Ne adalah 136 ribu rupiah sekali jalan. Dan yang menariknya juga, bus ini akan mengantarkan kamu sampai ke tujuan. Kamu cuma perlu memperlihatkan alamat hotel yang kamu tuju dan nanti bus akan berhenti tepat di depan hotel tujuan kamu.

Saya sarankan kamu naik bus jam 20:30 dan tiba di Mui Ne jam 1:30 pagi. Jangan lupa kabari hotel tujuan kamu bahwa kamu akan datang di jam 1:30 agar resepsionis bisa stand-by saat kamu tiba.

Hari 2

Menginap di hotel

Salah satu hotel yang bisa kamu coba selama di Mui Ne adalah Minh Hung Hotel. Harganya cukup terjangkau, hanya 150 ribu rupiah di Traveloka. Dengan harga segitu, kamu sudah bisa mendapatkan kasur yang luas sekali (bisa untuk berdua), kulkas, dan kamar mandi dalam dengan air yang sangat lancar.

Setelah istirahat di hotel, kamu bisa mulai melanjutkan perjalanan di pagi atau siang harinya (tergantung kamu tipe yang bisa bangun pagi atau tidak). Untuk hari kedua ini, kamu bisa menjelajah Candi Po Sah Inu, pantai-pantai di Mui Ne dan Fairy Stream.

Po Sah Inu Tower

Di Candi Po Sah Inu, kamu bisa meliihat candi-candi khas Vietnam dan tari-tarian yang ditampilkan oleh anak-anak disana. Harga tiket masuk ke Po Sah Inu hanya 15 ribu Dong, atau sekitar 9 ribu rupiah saja.

Suoi Nuoc Beach

Suoi Nuoc Beach adalah pantai di Mui Ne yang cukup panjang. Meski begitu, sebagian besar bagian pantai tersebut sulit untuk dimasuki masyarakat umum. Kamu hanya bisa masuk melalui resort-resort yang terletak di sepanjang pantai. Tapi tidak perlu khawatir, kamu tidak perlu menginap di resort tersebut untuk dapat menikmati pantainya.

Kamu hanya perlu masuk ke restoran dan memesan makanan atau minuman saja dan kamu sudah bisa menikmati pantai di resort tersebut. Tenang, harganya tidak mahal. Dengan 20 ribu Dong (atau sekitar 12 ribu rupiah saja) kamu sudah bisa memesan minuman. Mereka bahkan akan memberi handuk secara cuma-cuma yang bisa kamu gunakan untuk berbilas setelah berenang di pantai.

Salah satu resort yang bisa kamu coba adalah Jibe Resort and Beach Club.

Jibe Resort and Beach Club
Pantai ini bisa kamu akses di Jibe Resort and Beach Club hanya dengan membeli minuman.

Fairy Stream

Fairy Stream ini mirip seperti sisa longsoran yang sangat panjang dan menghasilkan warna yang cantik di sepanjang jalan tersebut. Harga tiket masuk ke Fairy Stream terhitung murah, hanya 15 ribu Dong atau sekitar 9 ribu rupiah saja.

Kuliner malam hari

Kuliner malam hari adalah surga di Mui Ne. Mulai dari sore, ada banyak restoran pinggir pantai yang memberikan tidak hanya pengalaman kuliner dengan harga murah tapi juga pengalaman yang unik karena menu-menu yang dihadirkan agak tidak biasa.

Selain bisa memesan makanan laut standar seperti cumi, kerang, ikan, dan lobster, kamu juga bisa memesan makanan yang tidak biasa.

Mulai dari ikan ini…

atau labi-labi…

…katak…

…hingga kadal dan ular.

Tentu jika kamu lebih suka yang standar-standar saja seperti saya, kamu bisa pesan kerang-kerangan yang lezat ini.

Jika kamu bingung di restoran mana sebaiknya kamu makan, maka rekomendasi saya adalah Mr. Crab. Restoran ini selalu ramai. Harga-harga makanan di Mui Ne memang rata-rata tidak terlalu mahal, termasuk Mr. Crab ini. Cuma dengan 50-100 ribu rupiah kamu sudah bisa makan enak.

Hari 3

Jika hari kedua dihabiskan dengan candi, pantai, dan Fairy Stream, hari ketiga ini sebaiknya dipuas-puaskan dengan menikmati nuansa gurun di Mui Ne.

Terdapat 2 gurun yang bisa kamu datangi: gurun merah dan gurun putih. Gurun merah (Red Sand Dunes) terletak lebih dekat dengan pusat kota, karenanya gurun merah lebih ramai. Sementara itu, gurun putih (White Sand Dunes) terletak agak jauh, sekitar 1 jam dari pusat kota. Gurun putih tidak terlalu ramai namun kamu bisa mencoba naik ATV disana.

Red Sand Dunes

Sesuai namanya, gurun ini memiliki warna pasir yang lebih gelap dan cenderung mendekati coklat kemerahan. Karena lebih dekat dengan pusat kota, pengunjung di gurun ini cukup ramai dan dipenuhi banyak anak-anak.

Di sekitar gurun juga banyak penduduk lokal yang menawarkan makanan dan menyewakan semacam papan yang bisa dipakai untuk berseluncur pasir.

Seluncur pasir di Red Sand Dunes

White Sand Dunes

Dari kedua gurun, White Sand Dunes jauh lebih menarik menurut saya. Selain karena tidak seramai Red Sand Dunes, disini kamu juga bisa menyewa ATV dan mengendarainya mengelilingi gurun.

Harga untuk menyewa ATV sendiri sebenarnya cukup mahal, sekitar 650 ribu Dong (400 ribu rupiah). Namun kamu bisa menyewa seorang driver dan membiarkan dia menyetir ATVnya. Harga jika drivernya yang menyetir justru lebih murah, hanya 300 ribu Dong (170 ribu rupiah) untuk durasi 30 menit.

Ada 2 titik utama yang akan dikunjungi dengan ATV disini. Yang pertama adalah puncak tertinggi di White Sand Dunes dan yang kedua adalah Lotus Pond (sebuah danau di tengah gurun yang ditumbuhi teratai saat musimnya)

Lotus Pond yang terletak di tengah gurun

Satu hal yang membuat semua ini lebih seru adalah karena sebenarnya gurun itu sama sekali tidak landai, namun dipenuhi gundukan-gundukan tinggi dan turunan-turunan yang curam. Nah saat driver mengendarai ATV ini, dia akan mengemudi dengan sangat cepat sehingga perjalanan terasa sangat memacu adrenalin.

Bayangkan, kamu berada di titik tertinggi gurun dan kemudian menukik tajam ke turunan paling bawah sehingga terasa seperti sedang berada di roller coaster. Bedanya, di ATV ini tidak ada sabuk pengaman. Jadi, siap-siap berteriak selama naik ATV. Hahaha.

Satu hal lagi, angin di gurun ini berhembus sangat kencang. Saat berada di puncak tertinggi, saya tidak sengaja meletakkan tas dan jaket saya selama 5 menit. Dan saat saya melihat tas saya kembali, pasir sudah hampir menutupi jaket saya.

Kuliner malam hari lagi

Setelah puas menjelajah gurun, kamu bisa kembali menikmati kuliner lagi di pusat kota Mui Ne.

Saran saya, kamu tidak perlu memesan hotel lagi malam ini jika ingin berhemat. Cukup nikmati nuansa malam hari di Mui Ne di bar pinggir pantai lalu berangkat ke loket bus Kumco Mui Ne pada pukul 11 malam dan naik bus ke Ho Chi Minh tengah malam. Dengan begitu, kamu akan tiba di Ho Chi Minh pagi hari tanpa harus membayar biaya hotel.

Seperti biasa, kamu bisa memesan tiket bus secara langsung di loket atau memesan online sebelum berangkat di 12go.asia.

Jadwal dan harga bus dari Mui Ne ke Ho Chi Minh

hari 4, pulang

Sekarang kamu sudah tiba di pagi hari di Ho Chi Minh. Kamu bisa sarapan di rumah-rumah makan di Backpacker Street (dekat tempat pemberhentian bus) lalu lanjut menjelajah tempat-tempat yang ingin kamu datangi di Ho Chi Minh jika kamu masih ada waktu.

Kamu bisa juga langsung memesan grab ke bandara dan bersiap untuk pulang jika kamu mengambil penerbangan siang atau pagi.

rincian biaya

Di bawah ini saya sudah menyusun rincian biaya selama di Ho Chi Minh dan Mui Ne. Totalnya hanya 4 jutaan dan sudah termasuk tiket pesawat.

Meski begitu, penting juga untuk memahami beberapa ketentuan berikut yang berpengaruh terhadap harga keseluruhannya.

  1. Tiket pesawat dipukul rata 1.2 juta. Rata-rata harga tiket air asia Jakarta – Ho Chi Minh adalah di angka 1.2 juta dan jika kamu pintar cari promo, harga ini bahkan bisa lebih rendah lagi.
  2. Biaya makan dipukul rata 50 ribu sekali makan. Ini angka yang cukup untuk makanan dan minuman baik di Ho Chi Minh maupun di Mui Ne. Jika kamu ingin makan yang lebih mewah, harganya bisa lebih tinggi. Tapi karena rata-rata harga di Vietnam hanya setengah harga di Indonesia, total harga makannya tetap tidak akan terlalu mahal.
  3. Harga hotel adalah untuk kamar dengan kamar mandi dalam, kulkas, dan kasur yang cukup untuk berdua. Jika kamu mau cari hotel backpacker, harganya bisa jauh lebih murah lagi. Harganya cuma 50 ribuan per malam.
  4. Harga grab-bike dalam kota dihitung secara kolektif untuk seluruh perjalanan. Rata-rata tempat wisata di Ho Chi Minh terletak berdekatan, jadi harga grabbike berkisar 10-20 ribu Dong saja (5-10 ribu rupiah).

Bagaimana? Tertarik untuk wisata hemat ongkos seperti ini di Vietnam? Silahkan tinggalkan pendapat dan masukkan kamu di kolom komentar ya. Saya tertarik untuk mendengar pendapatmu setelah membaca tulisan saya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s