Jelajah Nusa Penida Dalam 1 Hari: Review, Tips, dan Itinerary

Nusa Penida adalah salah satu destinasi yang sedang hits belakangan ini. Foto-fotonya, terutama yang diambil di Broken Beach, menghiasi setiap feed instagram teman kamu. Ya kan? Tapi jangan salah, dibalik foto-foto keren tersebut, ada berbagai hal seperti jalan Nusa Penida yang hancur lebur, atau kemungkinan tersesat di malam hari jika pulang kemalaman yang mungkin temanmu tidak ceritakan.

Karenanya, saya akan menulis review jujur pengalaman saya, entah itu yang baik maupun yang buruk, selama satu hari menjelajah Nusa Penida.

Gambaran umum Nusa Penida

Nusa Penida adalah nusa terbesar diantara ketiga nusa di sebelah Tenggara Pulau Bali. Karena ukurannya yang lebih besar, destinasi di Nusa Penida juga lebih banyak. Meski begitu, posisi dari masing-masing destinasi cukup berjauhan sehingga sebagian waktu penjelajahan akan dihabiskan di jalan. Dan sialnya, jalan di Nusa Penida adalah yang paling parah diantara nusa yang lain sehingga cukup menyulitkan.

Tapi tenang, semua destinasi wisata di Nusa Penida akan membuat kamu tercengang hingga lupa dengan sulitnya medan menuju kesana.

Cara menuju Nusa Penida

Untuk menuju ke Nusa Penida dari Bali sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu pergi ke Pelabuhan Sanur dan memesan tiket fast boat. Ada banyak pilihan fast boat yang bisa kamu pilih. Saya sendiri memilih fast boat Dwi Manunggal dengan keberangkatan pukul 8:00 pagi.

Loket fast boat Dwi Manunggal adalah yang letaknya paling kiri sehingga paling mudah ditemukan.

Harga penyeberangan menggunakan fast boat dengan cara ini adalah 75 sampai 100 ribu saja. Untuk pemesanan fast boat, saran saya sebaiknya kamu langsung datang dan book ditempat saja karena lebih murah. Hindari membooking online karena lebih mahal, apalagi jika kamu minta paket tambahan penjemputan di hotel. Total pengeluaran kamu dengan cara ini bisa mencapai 500-700 ribu. Beda jauh kan dengan datang langsung?

Daripada menggunakan jasa jemputan dari hotel, lebih baik gunakan gojek. Biaya gojek dari Kuta ke Sanur tidak lebih dari 25 ribu.

Sekali jalan, fast boat ke Nusa Penida mampu mengangkut 85 orang. Waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Berkeliling di Nusa Penida

Begitu kamu sampai pertama kali di Nusa Penida, yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah menyewa sepeda motor. Harga sewa sepeda motor di Nusa Penida berkisar antara 60-80 ribu untuk pemakaian sehari semalam.

Berbeda dengan sepeda motor di Bali yang fasilitasnya cukup lengkap, di Nusa Penida sebagian besar penyewa sepeda motor tidak diberikan helm. Jadi kamu harus berhati-hati selama berkendara. Pastikan kamu siap dengan kacamata dan sunblock untuk menghindari kulit kamu terbakar matahari.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah bensin. Meski bensin sudah terisi full saat pertama kali disewa, jarak destinasi wisata di Nusa Penida cukup jauh dan tersebar sehingga kemungkinan untuk kehabisan bahan bakar cukup besar. Sialnya, hanya ada 1 pom bensin di Nusa Penida, yakni di dekat pelabuhan tempat kamu pertama kali sampai. Selain itu, yang menjual bensin hanya warga. Itupun tidak banyak.

Pastikan kamu mengecek kondisi bensinmu secara berkala dan mengisinya bila perlu. Percayalah, lebih baik kamu mengeluarkan sedikit lebih banyak uang daripada harus menangis meraung karena kehabisan bahan bakar di tempat antah barantah.

Destinasi di Nusa Penida

Ada banyak destinasi yang bisa kamu datangi di Nusa Penida, tapi saya hanya akan menuliskan daftar yang bisa kamu datangi dalam satu hari.

Crystal Bay

Sebenarnya, tidak ada yang terlalu menarik dari Crystal Bay. Crystal Bay sebenarnya mirip seperti pantai biasa dengan hiasan pulau kecil di sisi kanannya.

Yang membuat Crystal Bay menarik adalah karena dari tempat ini kamu bisa menyewa boat dan guide untuk snorkeling atau diving bersama ikan manta.

Meski begitu, kamu tetap bisa memanfaatkan pulau kecil di sebelah kanan jika ingin mengabadikan momen dalam bentuk foto.

Broken Beach dan Angel’s Billabong

Broken beach adalah destinasi paling terkenal di Nusa Penida. Dengan bagian kosong di tengah bukit yang dilewati air yang biru terang, wajar jika tempat ini menjadi terkenal.

Tidak jauh dari Broken Beach (mungkin cuma 100 meter) terdapat Angel’s Billabong, yang merupakan kolam di atas karang. Angel’s Billabong bisa jadi tempat berenang dan foto yang sangat indah jika airnya sedang biru. Sayang saat saya kesana, hujan membuat airnya keruh sehingga kondisinya terlihat seperti ini:

Pantai Kelingking

Jika dilihat dari atas, Pantai Kelingking terlihat seperti pantai yang dikelilingi bukit berbentuk T-Rex. Dengan pasir putih dan air yang biru, Pantai Kelingking bisa kamu jadikan tempat yang pas untuk berenang. Namun, untuk menuju ke pantainya kamu harus menuruni bukit yang cukup terjal dengan pegangan hanya dari pagar-pagar bambu.

Mata Air Guyangan

Mata air Guyangan adalah mata air yang terletak di bawah bukit dengan posisi yang sudah sangat mendekati laut. Dari mata air ini kita disuguhi pemandangan air laut dan deburan ombak.

Mata air ini juga terletak dekat sekali dengan sebuah pura sehingga menambah kesakralan nuansanya.

Untuk menuju ke Mata Air Guyangan, kamu harus menuruni hampir 800 anak tangga. Saking banyaknya anak tangga, saya selalu sibuk memikirkan “bagaimana saya naik nanti?” bahkan sebelum saya sampai ke mata airnya.

Untungnya, saat naik dan turun tangga, kita disuguhi pemandangan menakjubkan seperti ini:

Setelah dari Mata Air Guyangan, saya sarankan kamu segera pulang ke penginapan agar tidak kemalaman.

Tempat menginap di Nusa Penida

Sebenarnya ada banyak homestay di Nusa Penida yang bisa kamu jadikan pilihan. Namun, semuanya terletak di area dekat Toyapakeh.

Waktu itu saya pulang dari Mata Air Guyangan cukup kesorean (sekitar pukul 5) sehingga saya harus berkendara dalam gelap. Bayangkan jika kamu harus berkendara di jalan yang kiri kanannya hutan dan tidak ada lampu jalan. Seperti itulah kondisi saya waktu itu.

Untung saya sempat bertemu sepasang pelancong lain, Kevin dan Christina yang juga pulang kemalaman. Kami akhirnya memutuskan untuk berkendara beriringan dan makan malam bersama.

Karena saya belum pesan hotel waktu itu, akhirnya saya menginap di hotel pertama yang saya temui saat di perjalanan yakni hotel Nyuh Kadah di dekat Crystal Bay seharga 250 ribu semalam.

Saran saya, jangan sampai kemalaman pulang jika kamu ada di Nusa Penida. Jika saya tidak kemalaman, seharusnya saya bisa menghemat budget dengan memilih penginapan yang lebih sederhana.

Kondisi jalan di Nusa Penida

Kondisi jalan di Nusa Penida cukup memprihatinkan, terutama begitu sudah mendekati tempat wisata. Kemungkinannya hanya 3, yakni berbatu, berlubang-lubang, atau berlumpur. Seberlumpur apa?

Seperti ini lah kira-kira:

Saya sendiri sempat terjatuh ke lumpur dari sepeda motor karena jalannya yang licin. Dan jika kamu melihat sepeda motor lain yg kondisinya berlumpur, kemungkinan besar mereka juga mengalami hal yang sama.

Pada malam hari, kondisi jalan jadi makin menyeramkan. Tidak ada lampu jalan dan di sebelah kiri dan kanan adalah hutan. Sekali lagi saran saya, jika kamu berada di Nusa Penida, jangan sampai pulang kemalaman.

ATM

Hanya ada satu atau dua ATM BRI di Nusa Penida, dan letaknya ada di pasar di Toyapakeh. Jadi pastikan kamu bawa cukup cash untuk semua keperluanmu.

Kesimpulan

Nusa Penida adalah yang paling menarik dibanding kedua nusa lainnya menurut saya. Walaupun jalannya lebih menantang, namun ada lebih banyak destinasi yang bisa didatangi.

Jika kamu memutuskan untuk menjelajah Nusa Penida lebih dari sehari, ada banyak tempat wisata lain yang bisa kamu datangi selain yang ada di tulisan ini seperti Pantai Tembeling dan Pantai Atuh.

Dan jangan lupa follow instagram saya untuk dokumentasi perjalanan seru lainnya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close