Krakatau Tour yang Menggabungkan Indahnya Gunung dan Pantai

Jujur, Krakatau adalah salah satu gunung di Indonesia yang menurut saya memiliki pemandangan terindah. Dengan view langsung ke laut dan pulau-pulau kecil lainnya, dijamin kamu akan bersyukur pernah menatap surga dunia ini.

Sayangnya, jika kamu mencari informasi tentang Krakatau Tour di Google, sebagian besar informasi adalah tulisan dari tour and travel agency yang menawarkan jasa mereka, dan bukan dari traveller itu sendiri. Karenanya, saya merasa perlu berbagi pengalaman saya saat travel kesana.

Gambaran umum Krakatau

Krakatau adalah salah satu gunung yang sebenarnya tidak terlalu sulit didaki. Dengan jarak pendakian yang cukup pendek, kamu sudah bisa menyaksikan keindahan alam laut dan pulau di sekitar Krakatau tanpa harus mendaki berjam-jam.

Satu-satunya yang membuat pendakian cukup menantang adalah medan pendakian yang berpasir sehingga kemungkinan untuk terpeleset lumayan besar.

Di sekitar setengah pendakian, kamu akan ditemani hutan dan pohon-pohon pinus sehingga cukup membantu kamu agar tidak terlalu terpapar cahaya matahari. Begitu selesai dari bagian hutan, kamu akan menemui bagian pendakian berpasir yang semakin ke atas semakin tak berpohon, seperti ini:

Karenanya, pastikan kamu bawa sublock agar kulitmu tidak terbakar.

Indahnya pemandangan di atas Krakatau

Begitu sampai di atas Anak Gunung Krakatau, kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Dengan laut dan pulau kecil lain di seberang, dan puncak krakatau di atas, tidak akan ada orang yang tidak berdecak kagum.

Pemandangan laut dan pulau lain dari Krakatau:

Pemandangan puncak gunung Krakatau:

Sebenarnya pada saat mendaki, kita tidak bisa benar-benar mendaki hingga ke puncaknya karena alasan keselamatan. Semakin ke atas, medan pendakian menjadi semakin berbahaya. Meski begitu, sebenarnya dari titik aman pendakian tertinggi saja sebenarnya sudah cukup untuk menyaksikan keindahan alam Krakatau.

Foto asal-asalan pun tetap indah

Kedua foto ini saya ambil saat akan menunggu mulainya pendakian. Dan jujur, sebenarnya saya cuma mengambil foto secara asal-asalan. Saya bahkan baru melihat hasilnya lagi waktu di penginapan karena silaunya cahaya membuat layar hape tidak terlalu jelas.

Tapi bahkan foto asal-asalan saja hasilnya keren. Yup, memang Krakatau sebagus itu guys!

Dan kalian sadar kan kalau pasir di pantai Krakatau warnanya hitam? Keren kan πŸ™‚

Tentang perjalanan ke Krakatau

Okay, setelah membahas indahnya Krakatau, izinkan saya menceritakan bagian yang tidak terlalu saya suka, yakni perjalanan menuju kesana.

Perjalanan dimulai dari Jakarta ke Pelabuhan Merak. Jarak tempuh adalah sekitar 3 jam naik mobil. Waktu itu saya naik elf yang disediakan penyedia jasa tour.

Sampai di Merak, kamu harus melanjutkan perjalanan lagi dengan naik kapal ke Pelabuhan Bakauheni. Lama perjalanan juga 3 jam.

Kapal dari Merak ke Bakauheni bentuknya seperti ini

Kapal yang cukup besar sebenarnya. Begitu sampai di kapal, kamu harus langsung cepat-cepat cari ruangan untuk tidur. Di kapal ini tersedia bilik-bilik yang berisi tempat tidur sederhana seperti ini:

Tidak terlalu nyaman memang, tapi masih lebih baik daripada tidur di lorong-lorong kapal. Penggunaan bilik-bilik ini tidak dipungut biaya namun sistemnya siapa cepat dia dapat. Bilik ini juga dilengkapi AC yang sangat dingin, jadi siapkan baju tebal atau selimut.

Setelah tiba di Bakauheni, kamu harus melanjutkan perjalanan ke Dermaga Canti. Perjalanan memakan waktu satu jam dengan angkot.

Begitu sampai di Dermaga Canti, kamu masih harus melanjutkan perjalanan lagi ke Krakatau dengan kapal selama dua jam. Jadi total perjalanan kamu dari Jakarta ke Krakatau adalah sembilan jam!

Jujur ini perjalanan yang cukup melelahkan bagi saya. Sebelum berangkat dan selama tour, pastikan kamu minum vitamin agar tidak drop. Saya sendiri langsung jatuh sakit setelah tour. Sebelum ke Krakatau, saya memang sudah travel ke Bali, Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan dulu. Dan jarak antara tour ini dan tour Krakatau hanya 1 hari. Jadi wajar jika saya kelelahan dan jatuh sakit.

Menginap di Pulau Sebesi

Jika kamu melakukan tour 2 hari, maka kamu akan menginap di Pulau Sebesi. Di Pulau ini kamu akan menginap di salah satu bangunan yang dari jauh mirip seperti sekolah dengan ruang-ruang kelas. Tapi ruangan yang seperti kelas ini sebenarnya adalah kamar dengan kasur-kasur untuk kamu menginap.

Masing-masing kamar dilengkapi 10-12 kasur. Biasanya pembagian dilakukan bersadarkan penyedia jasa tour yang kamu ambil. Waktu itu, saya berada di satu kamar dengan 10 orang lainnya dari 1 tour yang sama. Tidak ada pemisahan gender waktu itu. Jadi laki-laki dan perempuan digabung.

Listrik

listrik cuma ada saat malam hari, jadi pastikan kamu mengisi full baterai hape dan powerbank-mu. Kamu juga bisa bawa pemanjang kabel agar tidak rebutan mengisi baterai hape dengan peserta tour lain.

Air

Air dan kamar mandi di penginapan cukup banyak. Di setiap kamar memang cuma ada satu kamar mandi, tapi di belakang penginapan sebenarnya ada sekitar 8-10 kamar mandi yang bisa dipakai siapapun. Saya sendiri lebih nyaman mandi di kamar mandi belakang karena airnya lebi lancar.

Sinyal

Apakah ada sinyal di Krakatau? Tidak ada. Tapi kamu bisa mendapat sinyal Telkomsel di Pulau Sebesi. Dan sinyal ini cukup kuat bahkan untuk mengupload foto ke Instagram.

Snorkeling

Selain mendaki Gunung Krakatau, kamu juga bisa melakukan snorkeling di beberapa pulau di sekitar Krakatau.

Jika kamu mengambil trip 2 hari, snorkeling biasa dilakukan di hari pertama dan kedua.

Meski begitu, sejujurnya snorkeling di Krakatu tidak terlalu memukau. Beberapa tempat snorkeling cukup bagus, tapi sebagian yang lain kebanyakan hanya pasir dan jarang berisi koral yang indah. Saya sendiri bahkan lupa mendokumentasikan kegiatan snorkeling selama disana karena memang tidak terlalu menarik.

Biaya perjalanan

Biaya tour ke Krakatau sebenarnya cukup terjangkau. Kamu cuma perlu membayar 395 ribu jika berangkat dari Merak dan 570 ribu jika berangkat dari Jakarta. Biaya ini sudah mencakup semua biaya kecuali sarapan di Dermaga Canti.

Di perjalanan ini saya menggunakan jasa Wuki Travel dan sangat puas dengan pelayanannya. Guide yang ditugaskan untuk menemani kami sangat ramah dan cekatan. Setelah turun dari Krakatau misalnya, hanya guide kami yang sudah menyiapkan kelapa muda untuk kami. Peserta dari tour lain tidak ada yang mendapat pelayanan demikian.

Begitupun saat makan. Kami selalu jadi yang pertama yang diberitahu makanan sudah siap.

Kesimpulan

Tour ke Krakatau akan membuat kamu puas sekali memandangi alam yang indah. Mulai dari gunung yang cocok untuk pendaki pemula, hingga pemandangan laut dari atas gunung yang indahnya membuat berdecak kagum. Biaya tour juga tergolong terjangkau. Karena total perjalanan cuma 2 hari, tour Krakatau bisa kamu jadikan agenda akhir pekan untuk mengganti suasana keseharianmu.

Meski begitu, perjalanan ke Krakatau cukup melelahkan. Perjalanan dari Jakarta ke Krakatau memakan waktu hingga 9 jam hanya untuk berangkat saja. Perjalanan pulang juga ditempuh dengan waktu yang sama. Sebelum melakukan tour ke Krakatau, pastikan kamu dalam kondisi prima agar tidak jatuh sakit.

By the way, jangan lupa follow instagram saya untuk dokumentasi perjalanan lainnya ya πŸ™‚

4 thoughts on “Krakatau Tour yang Menggabungkan Indahnya Gunung dan Pantai

  1. I like it
    I love krakatau

    Like

    1. I like krakatau
      I love krakatau
      😍😍😍😍😍😍😍

      Like

  2. wah bagus’ banged bisa jadi destinasi kedepan nih hehe, Kunjungi kami ya http://romtechlab.com buat sharing’ tentang mesin antrian bank, jam digital masjid dll,

    Like

    1. Thanks πŸ™‚
      Siap, nanti dikunjungi ya πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close